Sabtu, 06 April 2013

Inikah Jejaring Sosial Pertama Buatan Mark Zuckerberg?


Mark Zuckerberg, pendiri Facebook
Facebook, situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg, boleh dibilang sangat sukses, menjelma menjadi jejaring sosial terbesar dengan miliaran pengguna di seluruh dunia.

Tapi, tahukah Anda situs jejaring sosial pertama yang dibesut Zuckerberg ternyata bukan Facebook?
Bakat Mark sudah terlihat sejak Mark masih berusia 15 tahun. Ketika itu, ia sudah membuat sebuah halaman yang menunjukkan konsep situs jejaring sosial.
Dilansir dari Huffingtonpost, 5 April 2013, sebuah situs berita sosial khusus retas komputer, Y Hacker News memposting sebuah tautan ke situs Angelfire, yaitu layanan Internet yang menyediakan ruang gratis untuk situs.

Posting itu menunjukkan kemungkinan halaman situs pertama yang pernah dibesut Zuckerberg.

Halaman itu dikaitkan dengan e-mail AOL, Themarke51@aol.com. Untuk mencari tahu halaman ini, editor majalah online Motherboard, Adam Clark Estes, menelusuri nama pada layar utama halaman itu.

Dan, Adam menemukan nama Dr. Edward Zuckerberg, yang merupakan ayah dari Mark. Pada halaman tersebut juga terdaftar nama Mark Zuckerberg pada sumber kode halaman.

Penelusuran juga dilakukan laman The Verge, yang menunjukkan sebuah bagian yang disebut The Web. Halaman ini membawa konsep jaringan pertemanan. Halaman yang diciptakan Mark pada 1999, saat ia berusia 15 tahun, dan masih menimba ilmu di SMA pada tahun pertama.

Konsep halaman itu menunjukkan beberapa pemikiran Mark. Misalnya, soal bagian About Me, Mark menuliskan profil pribadinya.

"Hai, nama saya ... Slim Shady. Tidak, sungguh, nama saya Slim Shady. Just kidding, nama saya adalah Mark. Saya tinggal di sebuah kota kecil dekat New York. Saya telah memperbaiki Website ini untuk memungkinkan beberapa mesin pencari akan mengenali situs ini," tulis Mark.

Dari halaman ini, Mark diketahui penggemar musik rap, Eminem dan SEO (Search Engine Optimization). Mark muda malah sempat membuat puisi pada halaman ini.
Fitur lainnya pada halaman ini yaitu Java Drawing Tool, The Vader Fader, Molecule Viewer, sebuah kategori hal-hal terbaik versi dirinya yang dilabeli The Best. (sj)


http://teknologi.news.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar